web counter

clock link

21 Mei 2011

awas ada kendaraan!

gaktau kenapa gua pengen ngangkat tema yang berat hari ini. ehm hm. temanya adalah PEDESTRIAN.
Tau gak sih benernya, pedestrian itu jalan yang disediakan untuk para pejalan kaki di pinggir jalan kendaraan, ya berdampingan gitu deh. Pernah liat kan pedestrian di negara negara maju ? Ambil contoh satu, negara tetangga kita, Singapore. Negara yang enggak lebih besar dari negara kita itu terbilang negara yang perkembangannya paling pesat dan cepat di Asia .
Di pedestrian itulah yang sudah pasti kita bisa dapetin yang namanya udara sejuk, gak ada sampah, gak ada pedagang yang seenaknya berjualan di tengah trotoar, dan yang pasti bikin kita betah lama lama jalan di pedestrian sambil ngelilingi kota. cocok banget buat yang pengen langsing dan gak mengeluarkan banyak uang kayak gua begini hihi.

  
neks. coba kita bandingkan sama pedestrian di Indonesia, terutama di ibukota tercinta, Jakarta.
pedagang kaki lima, pemulung, kendaraan yang sembarangan terparkir dan peletakan macem macem tetek bengek seperti pot tanaman yang besar dan tong sampah. Bahkan disekitaran Cempaka Putih sana ada warung dengan cetakan yang sama berwarna oranye berdiri menghabiskan trotoar dan menutup sebagian got yang notabene sebagai daerah resapan air. Pernah kami menelisik untuk pendataan satu mata kuliah waktu itu, dan ternyata pendirian warung tersebut dilegalkan oleh pemerintah. Terbukti dari berdirinya sebuah plang perizinan dan pelegalan warung-warung tersebut.
dijadikan tempat parkir motor
trotoar berlubang
dijadikan sebagai warung kaki lima
digunakan sebagai jalan alternatif kendaraan bermotor ketika terjadi kemacetan
  

Lalu dimana hak kita sebagai pejalan kaki ?
haruskah kita menantang maut menerjang ribuan kendaraan yang ada di jalan raya ?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar